Kandungan Kimia Asli Dari Sarang Semut

Setelah diuji dan diteliti secara ilmiah menggunakan teknologi farmasi yang sangat canggih menunjukkan bahwa tumbuhan sarang semut ini banyak mengandung unsure kimia alami yang positif salah satunya adalah flavonoid dan tanin. Secara empiris atau dalam pengobatan sarang semut biasanya digunakan sebagai obat berbgai macam atau tipe kanker, tumor, TBC, encok/reumatik.

Diantaranya kandungan kimia asli dari sarang semut yang memiliki khasiat positif adalah

1. Flavonoid yang merupakan salah satu golongan dari senyawa fenolik merupakan senyawa dari pigmen pada tumbuhan. Diperkirakan ada sekitar 6.000 senyawa yang berbeda – beda yang terkandung dalam senyawa ini dan sangat banyak memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh manusia, diantaranya :
– Antioksidan yang terkandung dalam flavonoid sangat baik sebagai antioksidan pencegah kanker.
– Melindunsi struktur sel atau jaringan yang ada pada setiap bagian tubuh
– Mengandung vitamin C yang memilki hubungan sinergis yang baik bagi tubuh
– Sebagai antiinflamasi
– Sebagai senyawa yang digunakan sebagai obat untuk pencegahn secara dini pengeroposan tulang sebelum atau pada saat menopause
– Sebagai antibiotic yang baik guna untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang menurut penelitian secara medis sebagai pencegahan dan pengobatan asma, mata katarak, diabetes, encok/reumatik, migraine, wasir dan penyakit lainnya.
– Dalam mekanisme kerja dari flavonoid sebagai inaktivasi karsinogen, antiproliferasi, penghambatan siklus sel, induksi apoptosis dan diferensiasi, inhibisi angiogenesis, serta pembalikan resistensi multi-obat atau kombinasi dari mekanisme-mekanisme tersebut.
– Kini flavonoid telah banyak digunakan sebagai obat anti viru, seperti HIV/AIDS dan virus herpes.

2. Tanin merupakan bagian dari senyawa astrigen, polifenol yang mengendap dan mengikat protein yang terdapat pada tanin, bila dirasakan akan terasa pahit. Tanin sering digunakan dalam pengobatan diare, hemostatik ( menghentikan pendarahan ), mimisan, ambein ( wasir ).

3. Sarang semut sangat kaya akan antioksidan tokoferol ( vitamin E ) dengan jumlah kadar yang dimiliki sekitar 313 ppm dan beberapa mineral penting lainnya bagi sumber energy tubuh seperti kalsium, natrium, kalium, seng, zat besi, fosfor dan magnesium.

4. Antioksidan yang terdapat dari ekstrak kasar tumbuhan sarang semut ini menurut penelitian memiliki metode kerja DPPH ( 1,1-difenil-2pikrilhidrazil ) dan memiliki kategori antioksidan kuat dan ringan, dalam paparan kandungannya :
– Antioksidan kuat memiliki senyawa alfatokoferol dengan nilai IC50 atau setara dengan angka 5,1 ppm. IC50 merupakan konsentrasi dari antioksidan yang dapat meredam atau menghambat 50% radikal bebas.
– Antioksidan sedang memilki nilai senyawa IC50 sebesar 48,6 ppm
Semakin kecil nilai IC50 dari suatu antioksidan maka semakin kuat antioksidan tersebut. Alfa-tokoferol pada konsentrasi 12 ppm telah mampu meredam radikal bebas sebanyak 96% dan persentase inhibisi ini tetap konstan untuk konsentrasi¬ yang lebih tinggi dari 12 ppm. Hasil penelitian ini mempunyai makna bahwa alfa-tokoferol pada konsentrasi rendah pun telah memiliki aktivitas peredam radikal bebas hingga mendekati 100%.

5. Kalsium yang berkhasiat memperbaiki kerja jantung, impuls syaraf, dan pembekuan darah.

6. Zat Besi yang befungsi membantu pembentukan sel darah merah ( hemoglobin ), transport oksigen pada seluruh jaringan aliran darah, dan activator enzim.

7. Fosfor berperan sebgai penyerapan kalsium dalam pembentukan energy

8. Natrium memiliki peranan dalam menyeimbangan elektrolit, volume cairan tubuh, dan impuls syaraf.

9. Kalium memainkan peranan dalam ritme kerja jantung, impuls syaraf dan keseimbangan asam basa

10. Seng memiliki fungsi dalam sintesis protein tubuh, fungsi seksual, penyimpanan hormone insulin, metabolism karbonhidrat dan menyembuhan luka.

11. Magnesium memiliki peranan dalam fungsi tulang, hati, otot, transfer air intraseluler, keseimbangan basa, dan aktivitas neuromuskuler

12. Polifenol adalah asam fenolik dan flavonoid. Polifenol banyak ditemukan dalam buah-buahan, sayuran serta biji-bijian. Rata-rata manusia bisa mengonsumsi polifenol dalam seharinya sampai 23 mg. Khasiat dari polifenol adalah anti mikroba dan menurunkan kadar gula darah. Asam fenolik merupakan kelas dari antioksidan atau senyawa yang menghilangkan radikal bebas. Molekul yang tidak stabil ini adalah produksi dari metabolisme normal yang menyumbat pembuluh darah dan mengakibatkan perubahan pada DNA yang dapat menimbulkan kanker dan penyakit lain.

13. Tokoferol (vitamin E) sekitar 313 ppm. Ananlisis antioksidan dari estrak kasar tumbuhan Sarang Semut menunjukkan bahwa estrak tersebut memiliki aktivitas antioksidan sedang, yaitu diperoleh nilai IC 50 sebesar 48,6 ppm. Sementara alfa-tokoferol yang merupakan antioksidan kuat dengan nilai IC 50 diperoleh angka sebesar 5,1 ppm. IC50 merupakan konsentrasi dari antioksidan yang dapat meredam atau menghambat 50% radikal bebas. Semakin kecil nilai IC50 dari suatu antioksidan maka semakin kuat antioksidan tersebut. Alfa-tokoferol pada konsentrasi 12 ppm telah mampu meredam radikal bebas sebanyak 96% dan persentase inhibisi ini tetap konstan untuk konsentrasi-konsentrasi yang lebih tinggi dari 12 ppm. Hasil penelitian ini mempunyai makna bahwa alfa-tokoferol pada konsentrasi rendah pun telah memiliki aktivitas peredam radikal bebas hingga mendekati 100%.

14. Mineral. khasiatnya dalam membantu mengatasi berbagai macam penyakit/gangguan jantung, melancarkan haid dan mengobati keputihan, melancarkan peredaran darah, mengobati migrain (sakit kepala sebelah), gangguan fungsi ginjal dan prostat, memulihkan kesegaran dan stamina tubuh, serta memulihkan gairah seksual.

Dibawah ini merupakan tabel kandungan dan satuan senyawa kimia dari sarang semut

No.       Parameter                               Satuan Nilai

01.        Energi  Kkal/100 g                     350,52

02.        Kadar air                                      g/100 g 4,54

03.        Kadar abu                                    g/100 g 11,13

04.        Kadar lemak                               g/100 g 2,64

05.        Kadar protein                             g/100 g 2,75

06.        Kadar karbohidrat                    g/100 g 78,94

07.        Tokoferol                                   mg/100 g 31,34

08.        Total fenol                                 g/100 g 0,25

09.        Kalsium (Ca)                            g/100 g 0.37

10.        Natrium (Na)                         mg/100 g 68,58

11.        Kalium (K)                                 g/100 g 3,61

12.       Seng (Zn)                                mg/100 g 1,36

13.       Besi (Fe)                                 mg/100 g 29,24

14.       Fosfor (P)                                g/100 g 0,99

15 .      Magnesium (Mg)                   g/100 g 1,50


=====================================

>>> Sarang Semut Papua, Obat Herbal Alami Dari Tumbuhan Sarang Semut Pilihan, Mengobati Berbagai Jenis Kanker Dan Tumor Kronis, Membantu Menjaga Stamina Dan Vitalitas Tubuh, Baik Bagi Ibu Menyusui Dalam Meningkatkan Produksi ASI, Mengobati Ambeien, Memperlancar Sirkulasi Darah, Mengobati Alergi Pada Hidung, Menghilangkan Benjolan Pada Payudara, Mengatasi Gangguan Ginjal Dan Prostat Pada Pria, Ampuh Mengempur Segala Penyakit. Aman Bagi Pria, Wanita, Anak-Anak, Remaja Dan Manula, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Sarang Semut Papua and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>